Saturday, 4 August 2012

Memaknai Idealisma Pengistiharan Kemerdekaan.

Mari kita panjangkan renungan di sebalik kontroversi tema kemerdekaan yang diambil daripada slogan retorik Parti Pemerintah, kita persetankan lawak lagu rasminya "Janji Ditepati" yang dinukilkan Pak Menteri, di mana menurut penulis terkenal Buddhi Hekayat "bagai meletakkan pisau di leher rakyat!".

Pengistiharan kemerdekaan

Anak bangsa Malaysia perlu kembali mewacanakan secara serius semangat & idealisma Dokumen Pemasyuran Kemerdekaan. Apa yang disebut dalam Peristiharan Keramat tanggal 31 Ogos 1957. Dokumen yang diibaratkan sebagai "sijil lahir" kepada sebuah Negara yang merdeka.

"Dan bahawasanya kerana Perlembagaan Persekutuan yang tersebut itu, maka, ada disediakan syarat untuk menjaga keselamatan hak-hak dan keutamaan Duli-Duli Yang Maha Mulia Raja-Raja serta hak-hak asasi dan kebebasan sekalian rakyat dan untuk memajukan Persekutuan Tanah Melayu dengan aman dan damai serta teratur sebagai sebuah kerajaan yang mempunyai Raja yang Berperlembagaan yang berdasarkan demokrasi cara Parlimen."

Nah! Pemasyuran kemerdekaan meletakkan asas penting pembentukan negara, Raja Berpelembagaan dan Demokrasi Berparlimen yang meletakkan hak-hak serta kebebasan rakyat dan pemerintah yang dipandu undang-undang tertinggi iaitu Perlembagaan.

Hak Asasi & Kebebasan

Jika diimbau sepanjang pemerintahan Tun Mahahir ini merupakan perkataan tabu, dengan pemaksaan maksimum akta-akta drakonian yang menyekat kebebasan rakyat seperti Akta Keselamatan Dalam Negeri, Akta Mesin Cetak, Akta Hasutan, Akta Rahsia Rasmi dan beberapa akta lain serta juga Akta Peraturan Polis. Malah diburukkan lagi dengan campurtangan Eksekutif terhadap Legislatif & Kehakiman maka tidak hairan jika indeks demokrasi diukur paling rendah pada zamannya.

Filasuh John Locke, di dalam karya Agungnya "Two Treatises of Government" menggariskan asas-asas kebebasan, persamaan dan matlamat sebenar kerajaan. Teori Locke meletakkan asas baru pemerintahan dan pemerintahan tersebut adalah terbatas. Beliau juga menghalusi hak-hak asasi rakyat di dalam pemerintahan sebuah negara.

Maka inilah yang disebut dalam dokumen tertinggi undang-undang negara kita. Kuasa Pemerintah & hak rakyat dibataskan dengan perlembagaan dan untuk mengimbangi, diaplikasikan pula konsep pemisahan kuasa antara Eksekutif, Legislatif & Kehakiman . Ia untuk mengelak atau menghindari bahaya “kezaliman”, di mana dapat mewujud dan mengekalkan kepimpinan, kebebasan sebenar dan menghindari kemaharajalelaan dengan cara membahagi-bahagikan kuasa untuk mewujudkan semak dan imbang.

Demokrasi

Kita panjangkan perbincangan dalam konteks Demokrasi, tidak dapat dinafikan lagi rakyat Malaysia dewasa ini berada di persimpangan demokrasi. Apakah kita akan maju kepada tahap demokrasi yang matang, demokrasi yang tidak memiliki undang-undang yang menyekat hak kebebasan asasi, demokrasi yang akan merangsang kreativiti manusia atau mahu terus kekal sebagai demokrasi palsu?, demokrasi otokratik yang tidak menghargai akal manusia?

Amalan demokrasi yang matang haruslah menjamin kesemua yang disebut oleh Perlembagaan. Dari gemblengan partisipasi massa untuk menyertai demokrasi, Pengendali Demokrasi yang bebas campurtangan, gelanggang politik yang sama luas, akses bebas media sehinggalah perdebatan terbuka tentang idea sang Politikus. Bukan hanya faham sempit setiap lima tahun membuang undi.

Jiwa Merdeka.

Mari kita renung gagasan tokoh besar kemerdekaan, Dr. Burhanuddin Al Helmy lewat puisi patriotiknya:

Di atas runtuhan Kota Melaka,
Kita bangunkan jiwa merdeka,
Bersatu-padulah seluruh baka,
membela hak keadilan pusaka.

Gagasan ini meletakkan perjuangan membangun "Jiwa Merdeka" sebagai agenda paling utama. Apakah kontra kepada jiwa merdeka? jiwa yang penakut, hilang daya juang, rendah diri, tiada wawasan, tiada mampu berfikir secara kritis dan seterusnya.

Mengisi kemerdekaan dengan agenda pembinaan Jiwa Merdeka adalah babak perjuangan yang cukup penting dan kritikal. Nilai-nilai Patriotisme serta Pencerahan tulen perlu diserap kepada setiap anak bangsa dalam pembinaan Jiwa Merdeka. Menghargai daya fikir, martabat dan maruah diri serta mewaspadai rempuhan unsur-unsur negatif yang melemahkan.

Apakah kita berdaya untuk memunculkan Jiwa Merdeka jika saban hari disuburkan dengan budaya politik kotor, fitnah-mengaibkan yang jika direnung sejarah Si Kitol padahya cukup parah, bisa memusnahkan maruah bangsa sendiri.

Pembangunan material sahaja tidak cukup, walhal di dalam jiwa masih lagi jauh untuk menghargai kemerdekaan, wahasilnya adalah wawasan palsu apabila sesuatu bangsa berbelanja besar membina pelbagai mercu tanda melangit yang tidak menandakan apa-apa di jiwa selain rasa rendah diri.

------------------------------------------------------------------------------------
Hasani Mohamed, seorang Jurutera & Penyelaras AIC yang komited mahu
meletakkan Perubahan terhadap Negaranya.

6 comments:

Queen Lisa Efendi said...

saudara-saudara

Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com

aditya.aulia139@gmail.com said...

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
BBM INVITE:::[D8980E0B]

BANESTO said...

Adakah anda mencari perniagaan pinjaman, peribadi pinjaman, rumah pinjaman, mobil
pinjaman, pinjaman pelajar, hutang hutang konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan, modal venture
modal, dll. Adakah anda pinjaman oleh bank atau enggan kewangan
ditetapkan untuk satu atau lebih alasan. Anda berada di tempat yang tepat untuk
lunasi pinjaman anda! Saya pemberi pinjaman peribadi, saya berikan
syarikat dan perorangan dengan suku bunga rendah dan mampu
2%. Silakan hubungi saya melalui e-mel
(banestoloanf@gmail.com) (Whatsapp ..... +971586897671)

zalina dianto said...

WhatsApp ::: + 447456405237
DAFTAR SEKARANG:info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
situs web ::: https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site

Berita Mendesak! Berita Penting !! Berita Penting
Nama saya Zalina Dianto, saya telah mengirim pesan di blog ini 3 tahun yang lalu. Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa semua kesaksian pinjaman dan saran pinjaman semuanya palsu dan semua pembohong. Saya ditipu oleh banyak orang di blog ini, Sebelumnya , saya diperkenalkan ke perusahaan pinjaman terkemuka yang terdaftar dan memiliki situs web. Perusahaan pinjaman ibu muslim terkemuka memberi saya pinjaman sebesar RP 3,5 Triliun dengan tingkat bunga sangat rendah 1%. AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM PERUSAHAAN NYATA DAN 100% TERJAMIN. tolong, saya punya banyak expirience dengan pemberi pinjaman pinjaman palsu saya telah menunjukkan bagaimana mengetahui pemberi pinjaman palsu, harap baca ini akan membantu dan menyatukan Anda .insya allah
BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KREDIT PINJAMAN YANG PALSU
(1) Peminjam palsu tidak perlu meminta collatera dan tidak ada situs web
(2) Peminjam palsu tidak memiliki sertifikat bisnis
(3) Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk pinjaman
(4) Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada domine
(5) Peminjam palsu tidak memiliki alamat kantor fisik
(6) Pemberi pinjaman palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya trans
Daftar Sekarang "<<<<<<<< (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
Untuk info .... zalinadiato@gmail.com

Queen Lisa Efendi said...

saudara-saudara
Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

.(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com   

ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY said...

Anda semua dipersilakan untuk PERUSAHAAN KREDIT ISKANDAR LESTARI rumah dengan pinjaman besar dan pinjaman ramah pelanggan kami memberikan pinjaman mulai dari miliaran hingga semua calon pelanggan kami dari bagian manapun di dunia dan kami juga ingin Anda semua tahu bahwa kami tidak curang atau menipu pelanggan kami sebagai prioritas utama kami adalah untuk memastikan semua pelanggan kami 100% puas dan senang dengan layanan kami sehingga jumlah minimal yang kami berikan sebagai pinjaman adalah 70juta/RM20.679 dan maksimumnya adalah dalam miliaran yang berarti Anda dapat juga berlaku dalam miliaran [30 hingga 40 miliar] untuk proyek dan bisnis investasi besar Anda. Kami juga ingin Anda semua mengerti bahwa kami telah menciptakan platform yang mencakup keadaan psikologis pelanggan sehingga pelanggan kami memiliki kesempatan untuk berbicara atau mengobrol dengan staf kami di kantor pusat di Inggris melalui angka-angka yang telah ditampilkan di bawah ini dan juga kepada Manajer Layanan Cabang kami [BSM]

Kantor pusat:
Tel ::: [+44] 7480 729811
W/A: [+44] 7480 729811
Negara:United Kingdom
Instagram: @Iskandar_Lestari _Loan_Firm
email:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com
Facebook: https: //www.facebook.com/iskandar.lesteri.7
Web: https: //wordpress.com/view/iskandarlestari.wordpress.com

1] Kantor Cabang:
Manajer Layanan Cabang [B.S.M]
Tel: ☎ [+62] 816-1754-7646
W/A: [+ 62] 816-1754-7646
Negara:Indonesia
email:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com

2] Kantor Cabang:
Manajer Layanan Cabang [B.S.M]
Tel:☎ +60 11-2375-9663
W/A: +60 11-2375-9663
Negara:Malaysia
email:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com

Courtesy: ISKANDAR LENDERS INC.

Post a Comment